Rabu, 27 Mei 2015

Merancang Strategi Pemasaran (BAB 9)


Pemasaran

Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk di etalase saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa, tepat pada waktu yang tepat dan lokasi yang tepat pula. Pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan pembeli yang belum terpenuhi yang berkaitan dengan barang, harga, kualitas, dan lain sebagainya.

Anda dapat dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal berikut :

1.    Pembeli melakukan pembelian ulang

2.    Pembeli merekomendasikan produk ke Orang lain

Dibawah ini beberapa teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu :

1.               Mengelompokan Pasar

Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan, bukan membuat barang atau jasa terlebih dahulu lalu menunggu pembeli datang. Beberapa pengelompokan pembeli yang dapat dilakukan, antara lain berdasarkan :

- Lokasi tempat tinggal

- Jenis Kelompok

- Demografis

- Psikologis

- Jumlah yang dibeli

2.    Masa  Peredaran Barang dan Jasa

Semua barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen memiliki siklus hidupnya masing masing. Tahapan tersebut dimulai dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kematangan, dan diakhiri dengan tahan penurunan.

Apabila mengetahui masa peredaran suatu barang atau jasa, maka kita akan :

a.   Mempercepat atau memperlambat tahapan-tahapan

b.   Mengetahui masa edar dan siklus hidup yang dimiliki

c.    Mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru.

3.   Analisa swot

Analisis yang dikenal dengan sebutan  analisis kekuatan – Kelemahan – Peluang – Ancaman adalah sangat penting untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan saat ini.

 

Menentukan Strategi Pemasaran

Setelah kita melakukan analisis SWOT, maka selanjutnya kita perlu menyusun strategi pemasaran. Strategi Pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.

Menentukan  Alat Pemasaran

Alat pemasaran yang dimaksud disini lebih kita kenal dengan sebutan bauran pemasaran ( Marketing mix ), yaitu gabungan atau pengunaan kombinasi unsur – unsur seperti produk, harga, promosi dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang ideal, sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.

Menyusun Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran harus disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak – pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar