Pemasaran
Pemasaran tidak
hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk di etalase
saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan
barang atau jasa, tepat pada waktu yang tepat dan lokasi yang tepat pula.
Pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan pembeli yang belum terpenuhi yang
berkaitan dengan barang, harga, kualitas, dan lain sebagainya.
Anda dapat
dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan
dua hal berikut :
1. Pembeli
melakukan pembelian ulang
2. Pembeli
merekomendasikan produk ke Orang lain
Dibawah ini
beberapa teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu
:
1. Mengelompokan
Pasar
Hal terpenting
dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang
mereka butuhkan, bukan membuat barang atau jasa terlebih dahulu lalu menunggu
pembeli datang. Beberapa pengelompokan pembeli yang dapat dilakukan, antara
lain berdasarkan :
- Lokasi tempat
tinggal
- Jenis Kelompok
- Demografis
- Psikologis
- Jumlah yang
dibeli
2. Masa Peredaran
Barang dan Jasa
Semua barang atau
jasa yang ditawarkan kepada konsumen memiliki siklus hidupnya masing masing.
Tahapan tersebut dimulai dari tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap
kematangan, dan diakhiri dengan tahan penurunan.
Apabila mengetahui
masa peredaran suatu barang atau jasa, maka kita akan :
a. Mempercepat
atau memperlambat tahapan-tahapan
b. Mengetahui
masa edar dan siklus hidup yang dimiliki
c. Mengetahui
layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru.
3. Analisa
swot
Analisis yang
dikenal dengan sebutan analisis kekuatan – Kelemahan – Peluang –
Ancaman adalah sangat penting untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan
saat ini.
Menentukan Strategi
Pemasaran
Setelah kita
melakukan analisis SWOT, maka selanjutnya kita perlu menyusun strategi pemasaran.
Strategi Pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat
barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau
selera konsumen yang dituju.
Menentukan Alat
Pemasaran
Alat pemasaran yang
dimaksud disini lebih kita kenal dengan sebutan bauran pemasaran ( Marketing
mix ), yaitu gabungan atau pengunaan kombinasi unsur – unsur seperti produk,
harga, promosi dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan
komposisi yang ideal, sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.
Menyusun Rencana
Pemasaran
Rencana pemasaran
harus disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada
pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak – pihak yang terkait
langsung dengan proses pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar