Senin, 15 Juni 2015

Business Plan

BUSINESS PLAN USAHA MINUMAN ICE BLENDED
 
Nama usaha yang akan kami dirikan yaitu Frozen Macalatee.
Usaha ini bergerak di bidang minuman ringan yang cocok untuk dinikmati semua kalangan,
Minuman segar ini sangat kaya rasa dan kaya kesehatan juga, dimana produk ini memiliki bahan
dasar berupa maca (teh), teh maca adalah jenis teh bubuk yang sering kita temui untuk penambahan
rasa pada Ice Cream, pada kesempatan kali ini teh maca ini akan kami gunakan untuk bahan dasar
minuman blend yang nantinya akan tercampur dengan susu, vanila, strowbwry dll.
Dengan berkembangnya wirausaha yang sangat pesat di indonesia, hal ini memacu kita untuk
membuat usaha yang kreatif dan beda dari yang lain. Di Jakarta jarang sekali di temui kafe yang
sederhana dan murah bagi kantong mahasiswa.


Konsumen
Target pasar yang kami inginkan yaitu masyarakat sekitar. Tempat yang akan direncanakan untuk
usaha ini yaitu di kampus dan sekitarnya.
Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini yaitu di kampus  dan sekitarnya. Pertimbangan
kami memilih lokasi tersebut yaitu:
Ø Lokasi ini strategis, karena merupakan pusat kegiatan mahasiswa.
Ø Lokasi dekat dengan perumahan penduduk dan tempat kost para mahasiswa.


Memulai Bisnis Frozen Macalatee
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, ada beberapa hal penting yang kita siapkan yaitu :
 
  1. Modal awal adalah niat kita yang bersungguh-sungguh untuk menjalankan usaha ini, tidak pantang menyerah dan siap menerima resiko yang ada.
  2. Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku dengan baik.
  3. Selalu lakukan pengontrolan (quality control) pada setiap bahan baku yang telah diproduksi, hal ini penting agar kualitas produk tetap terjaga dan tidak kalah bersaing dengan produk  lainnya yang ada di pasaran.
  4. Selalu melihat peluang pasar yang ada, dan mengikuti selera konsumen sehingga konsumen tidak bosan dating ke kafe kita lagi.
Keuntungan Produk
Tidak dapat di pungkiri remaja atau semua kalangan yang tidak bisa lepas dari berkumpul sekedar minum dan mengobrol,.
Disinilah kita melihat keuntungan dari customer yang semakin hari semakin menginginkan ke segaran dalam hidup mereka, produk frozen Macalate pasti sangat laku di kalangan segala umur.
 
 
Kendala Bisnis
Kendala yang kami ketahui adalah baru menemukan satu supplier saja dan apabila supplier kita ada kendala tidak dapat memasok barang ke kami maka akan merugikan. Karena akan terjadi tutup took sementara.
 
Strategi Pemasaran
Untuk memperluas jaringan pemasaran kami. Kami mengembangkan ilmu pengetahuan kami mengenai UKM dalam seminar seminar yang ada, dan mencatat point-point yang penting untuk peningkatan usaha kami.
strategi pemasaran kami juga tak hanya di dalam kampus (kafe) namun kita juga mengedarkan produksi frozen maclate ini dalam bentuk minuman instan yang bisa di nikmatin dimana saja, dan rencana pemasarannya adalah dimulai dari warung-warung kecil terlebih dahulu.
 
Analisa Ekonomi
Asumsi
- Produksi  sebanyak 500 cup
- Proses produksi dilakukan di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
Modal awal peralatan                          Rp 6.500.000,00
Frizer                                                           Rp    100.000/bln (sewa)
bahan baku                                              Rp 1.000.000,00+
Total                                                            Rp .7.600.000,00
Biaya produksi per hari                        Rp. 1.600.000
Oset per hari 10000@x 500                Rp. 5.000.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar